Forum: Perusahaan yang menggembar-gemborkan penyembuhan penglihatan sedang diselidiki

Kami berterima kasih kepada Ms Adeline Yang (Perawatan mata: Iklan menggembar-gemborkan obat untuk masalah penglihatan yang memprihatinkan, 18 November) dan Ms Chui Wen Juan (Perawatan mata: Selidiki perusahaan yang menyediakan layanan oleh praktisi yang tidak terdaftar, 20 November) untuk surat-surat mereka.

Kementerian Kesehatan (MOH) dan Otoritas Ilmu Kesehatan (HSA) mengetahui iklan yang dimaksudkan untuk menyembuhkan berbagai kondisi penglihatan, dan sedang menyelidiki perusahaan-perusahaan ini.

Ada peraturan yang berlaku untuk praktik optometri dan penyediaan perangkat medis oleh dokter mata dan ahli optik, serta iklan dari semua layanan kesehatan, untuk melindungi konsumen.

Semua iklan yang berkaitan dengan penyediaan layanan kesehatan dilarang mengiklankan keterampilan atau layanan apa pun yang berkaitan dengan pengobatan penyakit atau kondisi medis apa pun, termasuk miopia, berdasarkan Undang-Undang Obat-obatan (Iklan dan Penjualan) (Masa).

Ini agar tidak menyesatkan atau mendorong individu untuk mencari saran atau layanan dari pengiklan atau siapa pun yang dirujuk dalam iklan. MOH akan menyelidiki umpan balik yang diterima pada iklan yang mungkin telah melanggar Masa.

Jika produk yang diiklankan menyesatkan dan diketahui terkait perangkat medis, atau menyangkut masalah terkait praktik, tindakan penegakan hukum yang sesuai juga akan diambil berdasarkan Undang-Undang Produk Kesehatan (HPA).

Selain itu, semua dokter mata dan ahli optik yang menyediakan layanan perawatan mata harus dilatih, memenuhi syarat, dan disertifikasi dengan benar oleh Optometrists and Opticians Board (OOB).

MOH akan mengambil tindakan penegakan hukum berdasarkan Undang-Undang Dokter Mata dan Ahli Kacamata terhadap mereka yang mempraktikkan optometri atau ahli kacamata tanpa sertifikat praktik yang sah, termasuk menuntut pelanggar di pengadilan.

Anggota masyarakat yang khawatir tentang kemungkinan pelanggaran terhadap undang-undang dapat mengirimkan umpan balik mereka melalui [email protected]

Kami menyarankan konsumen untuk selalu memeriksa keabsahan produk dan profesional saat melakukan pembelian perawatan mata. Jika ragu, mereka harus mendiskusikan perawatan mata mereka dengan dokter umum, ahli optik atau dokter mata, sehingga mereka dapat membuat keputusan berdasarkan informasi.

MOH, HSA dan OOB akan terus bekerja sama untuk meningkatkan pesan konsumen tentang perawatan mata, sehingga dapat memberdayakan konsumen untuk melakukan pembelian perawatan mata yang lebih baik dan lebih aman.

Raymond Chua

Direktur Grup

Kelompok Regulasi Kesehatan

Kementerian Kesehatan

Wong Woei Jiuang

Asisten Direktur Grup

Klaster Alat Kesehatan

Grup Regulasi Produk Kesehatan

Otoritas Ilmu Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *